Sunday, March 30, 2014

Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tak Langsung

METODE LANGSUNG

Saya akan berikan ilustrasi dulu biar “terbuka” pemikiran kamu.
Misalnya sekarang kamu punya uang Rp. 10.000,-  lalu besok uang kamu menjadi Rp. 15.000,- maka telah terjadi kenaikan pada saldo uang kamu sebesar Rp. 5.000,- .

Nah,  sebagai orang luar saya tidak tahu uang Rp. 5.000,- itu asalnya dari mana. Bisa jadi itu adalah hasil nyolong..(qqq..), hasil jualan, atau hasil minjam.. (seringnya yang ini kayaknya.. qqqq)

Bisa jadi ada skenario seperti ini:
1. awal: 10.000, belanja barang 7.000, dan dapat pendapatan 12.000 sehingga saldo akhir 15.000

2. awal: 10.000, dipakai jajan 5.000, dan meminjam uang 10.000 (tuh kan bener..), sehingga saldo akhir 15.000

Nah, saya bisa mengetahui skenario mana yang terjadi (emangnya film? qqq) apabila kamu membuat laporan arus kas.

Jadi makanan apa sih laporan arus kas ini?

Laporan ini adalah makanan eh salah.. laporan yang menyediakan:
1. informasi aliran kas masuk dan kas keluar selama satu  periode akuntansi
2. informasi kegiatan operasi, investasi, dan pendanaan
Aktivitas Operasi (operating activities)
Melibatkan pengaruh kas dari transaksi yang dilibatkan dalam penentuan laba bersih.
seperti : penjualan barang dan jasa, penerimaan royalti, fee, komisi dan pendapatan lain, pembayaran kepada supplier, karyawan, dll.
Aktivitas Investasi (investing activities)
Meliputi kegiatan penjualan/pembelian aktiva tetap dan investasi surat berharga jangka panjang.
Aktivitas Pembiayaan/Pendanaan (financing activities)
Melibatkan pos-pos kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik.
seperti: setoran modal, penerbitan saham, hutang bank, hutang obligasi, pembayaran deviden, dll.
Gimana sih bentuk maka.. maksudnya laporan ini (ehm.. maklum nulis ini waktu lagi lapar.. qqq)
Format Laporan Arus kas



 Oke sekarang contoh soal:
Data-data yang kita butuhkan berasal dari BUKU BESAR
misalnya buku besarnya seperti ini:
Supaya benar laporannya, posting buku besarnya Harusbenar ya..
caranya pak..? (malu ah.. udah gede harus diajarin juga.. qqq)


Nah, dari buku besar ini, maka laporan arus kasnya menjadi seperti ini:

 
 dari mana penghasilan jasa 2.900.000 pak? (dari hongkong.. qqq)
perhatikan keterangan di bawah ini..

METODE TAK LANGSUNG

Laporan arus kas dapat bersumber dari neraca perbandingan dua periode akuntansi. Pendekatan ini disebut dengan metode tidak langsung. Sumber data adalah neraca pada tahun yang lalu dan neraca tahun yang berikutnya, apakah suatu akun (harta, hutang dan modal) terjadi kenaikan atau penurunan.

Membandingan saldo-saldo setiap akun antara kedua neraca itu bisa berupa:

    Tidak ada perbedaan (saldonya tetap) berarti tidak terjadi arus arus kas.
    Apabila pada periode yang belakangan terdapat saldo laba menyebabkan arus kas bertambah, dan jika terdaat saldo rugi menyebabkan arus kas berkurang.
    Apabila harta selain kas terjadi kenaikan maka menyebabkan arus kas berkurang, namun kalau terjadi penurunan berakibat kebalikannya (arus kas bertambah)
    Apabila hutang dan modal terjadi kenaikan menyebabkan arus kas bertambah, dan jika terjadi penurunan menyebabkan arus kas berkurang.

Untuk memudahkan pemahaman, kami sajikan neraca perbandingan  tahun 20X2 dengan tahun 20X1 seperti data di bawah ini.

Arus kas dapat berupa:

    Arus kas dari kegiatan operasi bertambah apabila adanya (a) saldo laba, (b) penurunan nilai harta lancar, dan (c) kenaikan utang jangka pendek. Sedangkan arus kas dari kegiatan operasi berkurang disebabkan (a) saldo rugi, (b) kenaikan harta lancar dan (c) penurunan utang jangka pendek.
    Arus kas dari kegiatan investasi bertambah karena adanya penurunan nilai harta tetap dan  arus kas berkurang karena kenaikan harta tetap.
    Arus kas dari kegiatan pendanaan bertambah apabila terjadi kenaikan (a) hutang jangka panjang dan (b)  modal. Arus kas dari kegiatan pendanaan berkurang disebabkan berkurangnya (a) utang jangka panjang dan (b) modal.


Selanjutnya susun laporan arus kas berdasarkan arus kas dari kegiatan operasi, investasi dan pendanaan, seperti nampak berikut ini.



sumber :

http://akuntansismkn1negara.blogspot.com/2011/07/laporan-arus-kas-metode-tidak-langsung.html
http://akuntansiitumudah.wordpress.com/2012/05/12/laporan-arus-kas-metode-langsung/#comment-9

Tuesday, March 25, 2014

Cara Mengatasi tidak bisa mengendalikan makan, ingin makan terus

Assalamualaikum. Sobat semua setanah air seindonesia, adakalanya kita menjadi jenuh dan merasa tidak nyaman dengan ketidakmampuan kita untuk mengendalikan keinginan kita untuk makan terus, terutama camilan. Terutama yang masih remaja. Jikalau kita tidak bisa mengendalikan makan, kita akan menumpuk kolestrol di tubuh. Karena kita masih muda, enzim dan hormon pengendali kolestrol masih berfungsi baik. Jadi kita tidak merasa apa apa. Tapi kalau udah tua, kita akan merasa 'bu shufu' (meriang alias tidak enak badan). Saya sang admin, menulis artikel ini karena saya juga pernah mengalami hal tersebut. Oke, berikut ini adalah tipsnya :

Yaitu dengan minum air putih langsung 2 gelas, directly, gak pake lama. Dengan begitu perut kita akan kembung, dan nafsu makan kita hilang sesaat. Selain itu air putih juga akan membantu kerja ginjal kita. Ada lo temenku yang gara gara kurang minum, jadinya ginjalnya rusak. Beberapa minggu sekali dia cuci darah yang biayanya.. wow

Sekian dari saya, terima kasih. Semangat muda!!

Monday, March 10, 2014

Laporan Laba Rugi Perusahaan (contohnya)

Laporan Laba Rugi Perusahaan (contohnya)

laporan laba rugi adalah laporan yang merupakan bagian dari laporan keuangan yang memuat informasi mengenai hasil operasi perusahaan, baik itu pendapatan dan pengeluaran selama peride tertentu.
Laporan laba-rugi ini cukup penting keberadaannya, karena laporan ini dapat dijadikan alat untuk memprediksi arus kas dimasa mendatang, banyak pemekai laporan keuangan yang memakai laporan laba-rugi ini untuk memprediksi arus kas masa depan, seperti para investor dan kreditor. para investor dan kreditor perlu untuk memprediksi arus kas perusahaan masa depan sebelum mereka menyuntikkan dana mereka ke perusahaan tesebut, tentu saja para investor dan kreditor tidak mau menyuntikkan dana kepada perusahaan yang mereka nilai arus kas atau kenerjanya jelek dan mengandung resiko yang terlalu besar.

Bagaimana laporan laba-rugi dapat memprediksi arus kas masa depan perusahaan ??
Kita lihat bahwa ketika perusahaan mengalami kenaikan pendapatan yang konsisten, walaupun tidak signifikan tetapi konsisten dari tahun ke tahun, hal tersebut dapat dijadikan oleh investor dan kreditor sebagai keyakinan bahwa arus kas, pendapatan, dan juga laba adalah baik, lebih baik lagi jika naik walau tidak signifikan. Saya rasa, itulah salah satu harapan para investor dan kreditor dengan melihat laporan laba-rugi perusahaan.

Contoh laporan laba-rugi

Gak perlu basa-basi, langsung saja saya berikan contoh laporan laba-rugi. Dibawah ini adalah dua contoh laporan laba-rugi, laporan laba-rugi single step dan laporan laba-rugi multiple step

Diketahui bahwa Estelle Company memiliki data-data berikut ini :

penjualan sebesar 5.000.000
pendapatan sewa 2.500.000
persediaan barang dagang awal, 1 januari 2012 sebesar 550.000
persediaan barang dagang akhir, 31 desember 2012 sebesar 560.000
pembelian 1.200.000
pengeluaran untuk angkut dan transportasi- masuk 100.000
pengeluaran untuk gaji dan komisi penjualan 350.000
pengeluaran untuk iklan 70.000
pengeluaran untuk angkut dan transportasi-keluar 80.000
penyusutan peralatan penjualan 20.000
pengeluaran untuk telepon 30.000
pengeluaran untuk jasa hukum 100.000
pengeluaran untuk asuransi 15.000
penyusutan bangunan 20.000
penyusutan peralatan kantor 10.000
pajak penghasilan 100.000

Informasi tambahan
Terdapat diskon penjualan sebesar 20.000 dan diskon pembelian sebesar 14.000.
Contoh laporan laba-ruginya sebagai berikut :

Contoh laporan laba-rugi single step

Estelle Company
Laporan laba-rugi
Per 31 Desember 2012

Pendapatan
penjualan bersih 4.980.000
pendapatan sewa 2.500.000
total pendapatan 7.480.000
Beban
harga pokok penjualan 1.276.000
beban penjualan 550.000
beban administrasi 145.000
beban pajak penghasilan 100.000
total beban 2.071.000
Laba bersih 5.409.000


Contoh laporan laba-rugi multiple step
Estelle Company
Laporan laba-rugi
Per 31 Desember 2012

Pendapatan penjualan
penjualan 5.000.000
diskon penjualan 20.000
pendapatan penjualan bersih 4.980.000
Harga pokok penjualan
persediaan barang dagang awal 550.000
pembelian 1.200.000
diskon pembelian 14.000
pembelian bersih 1.186.000
biaya angkut dan transportasi-masuk 100.000 1.286.000
barang tersedia untuk dijual 1.836.000
persediaan barang dagang akhir 560.000
Harga pokok penjualan 1.276.000
laba kotor atas penjualan 3.704.000
Beban operasi
beban penjualan
gaji dan komisi penjualan 350.000
beban iklan 70.000
beban angkut dan transportasi-keluar 80.000
penyusutan peralatan penjualan 20.000
beban telepon 30.000 550.000
beban administrasi
beban jasa hukum 100.000
beban asurasi 15.000
penyusutan bangunan 20.000
penyusutan peralatan kantor 10.000 145.000
695.000
Laba dari operasi 3.009.000
Pendapatan dan keuntungan lain
pendapatan sewa 2.500.000
5.509.000
Beban dan kerugian lain
(tidak ada) (tidak ada)
Laba sebelum pajak penghasilan 5.509.000
pajak penghasilan 100.000
Laba bersih 5.409.000 

sumber : http://xxxqori.blogspot.com/2013/12/pengertian-dan-contoh-laporan-laba-rugi.html