Sunday, June 30, 2013

Cara Bikin Kue Kering

Cara Bikin Kue Kering


Karena Sebentar lagi mau puasa dan pasti lebaran maka saya ingin share cara membuat aneka kue kering.

selain gampang dan mudah untuk membuat kue kering, kue seperti ini juga tahan lama bisa berhari hari atau bahkan berminggu-minggu tanpa ada perubahan rasa atau basi.

aneka kue kering juga biasa kita lihat seperti nastar, putri salju, biskuit, dan castangel.

nah guna memudahkan onliners dalam membuat bermacam macam kue kering, silahkan lihat Resep buat aneka kue kering enak dan bergizi dibawah ini :

1. kue kering nastar

Bahan membuat Kue Nastar :

* 5 butir Telur
* 100 gram gula halus
*40 gram mentega tawar atau margarin tapi bisa juga campuran antara mentega dan margarin perbandingannya 70%:30%
* 2sdm Tepung maizena
* 500 gr tepung terigu
* 2 kuning telur untuk olesan

Bahan Selai Nanas

* 1 buah nanas yang sudah kupas dan di parut
* * 150gr gula pasir
* 5 cengkeh
* 10cm kayu manis

Cara Membuat Kue Nastar:
# Selai Nanas:

Masukkan nanas parut ke dalam wajan bersama seluruh bahan selai. Masak dengan api kecil
Aduk dengan spatula kayu sampai tidak berair
Angkat dan dinginkan
Setelah dingin, ambil sedikit adonan dan bulatkan seukuran kelereng.

# Nastar:

Kocok gula halus dan margarin dengan kecepatan rendah sampai rata
Masukkan kuning telur, terigu, dan tepung maizena. Kocok lagi hingga rata.
Segera matikan mixer bila adonan mulai mengeluarkan bulir.
Diamkan adonan sebentar.
Panaskan oven di suhu sekitar 180 derajat celcius
Mulai mencetak nastar dengan cara ambil sedikit adonan nastar, pipihkan, masukkan selai nanas, kemudian tutup sampai selai nanas tidak terlihat.
Tata di loyang dengan jarak kurang lebih 1 cm tiap nastar.
Panggang selama 20 menit, keluarkan dari dalam oven
Oles dengan bahan olesan, kemudian panggang lagi selama 10 menit.
Keluarkan dari oven dan dinginkan.


TIPS Membuat Kue Nastar:

Kita bisa membeli selai nanas siap pakai di Toko Bahan Kue. Namun yang perlu di ingat, selai nanas yang digunakan untuk membuat nastar dan untuk dioles ke roti itu berbeda.Selai untuk nastar lebih kesat dan padat.
Bila selai siap pakai yang kita beli ternyata masih terlalu lembek, kita bisa mengolahnya ulang dengan cara memasukkan selai tersebut ke dalam wajan dan kita masak sampai airnya habis.
Jangan pernah menggunakan 100% butter untuk membuat adonan nastar karena bisa dipastikan hasil nastar buatan kita akan sangat rapuh.
Kadang ukuran nastar yang kita bikin tidak seragam, untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan cara: kita gilas adonan nastar dengan menggunakan rolling pin dengan batasan tinggi menggunakan penggaris /majalah yang kita tarush di sisi kanan dan kiri adonan. kemudian kita cetak adonan yang telah digilas tersebut menggunakan cookie cutter bulat yang ukurannya sesuai dengan selera kita. Cara ini selain membuat hasil nastar kita seragam juga mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita membuat nastar.
Kenapa kita memoles permukaan nastar setelah nastar kita oven selama 20 menit? tujuannya untuk menghindari permukaan nastar yang gosong dan pecah.
Untuk hasil polesan yang mengkilap dan cantik, kita bisa menambahkan 2 sdm madu ke dalam adonan olesan. Bila perlu, berikan polesan sebanyak 2x sehingga hasil polesannya lebih cantik.
Jangan memixer adonan terlalu lama, karena akan mengakibatkan nastar yang kita buat menjadi keras. sebenarnya bisa saja membuat kue kering tanpa mixer. Cukup menggunakan spatula kayu, pisau pastry, maupun ballon whisk.
Tunggu nastar sampai kering benar sebelum memasukkan nastar ke dalam toples/kemasan untuk menghindari nastar cepat melempem.
Karena isian nastar berupa selai, membuat nastar menjadi cepat berjamur. Oleh karena itu, pastikan selai yang digunakan benar-benar kering dan tidak mengandung air. Selain itu, buatlah nastar maksimal 2 bln sebelum dikonsumsi.


2. Bahan membuat Kue Nastar :
* 5 butir Telur
* 100 gram gula halus
*40 gram mentega tawar atau margarin tapi bisa juga campuran antara mentega dan margarin perbandingannya 70%:30%
* 2sdm Tepung maizena
* 500 gr tepung terigu
* 2 kuning telur untuk olesan

Bahan Selai Nanas

* 1 buah nanas yang sudah kupas dan di parut
* * 150gr gula pasir
* 5 cengkeh
* 10cm kayu manis

Cara Membuat Kue Nastar:
# Selai Nanas:

Masukkan nanas parut ke dalam wajan bersama seluruh bahan selai. Masak dengan api kecil
Aduk dengan spatula kayu sampai tidak berair
Angkat dan dinginkan
Setelah dingin, ambil sedikit adonan dan bulatkan seukuran kelereng.

# Nastar:

Kocok gula halus dan margarin dengan kecepatan rendah sampai rata
Masukkan kuning telur, terigu, dan tepung maizena. Kocok lagi hingga rata.
Segera matikan mixer bila adonan mulai mengeluarkan bulir.
Diamkan adonan sebentar.
Panaskan oven di suhu sekitar 180 derajat celcius
Mulai mencetak nastar dengan cara ambil sedikit adonan nastar, pipihkan, masukkan selai nanas, kemudian tutup sampai selai nanas tidak terlihat.
Tata di loyang dengan jarak kurang lebih 1 cm tiap nastar.
Panggang selama 20 menit, keluarkan dari dalam oven
Oles dengan bahan olesan, kemudian panggang lagi selama 10 menit.
Keluarkan dari oven dan dinginkan.


TIPS Membuat Kue Nastar:

Kita bisa membeli selai nanas siap pakai di Toko Bahan Kue. Namun yang perlu di ingat, selai nanas yang digunakan untuk membuat nastar dan untuk dioles ke roti itu berbeda.Selai untuk nastar lebih kesat dan padat.
Bila selai siap pakai yang kita beli ternyata masih terlalu lembek, kita bisa mengolahnya ulang dengan cara memasukkan selai tersebut ke dalam wajan dan kita masak sampai airnya habis.
Jangan pernah menggunakan 100% butter untuk membuat adonan nastar karena bisa dipastikan hasil nastar buatan kita akan sangat rapuh.
Kadang ukuran nastar yang kita bikin tidak seragam, untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan cara: kita gilas adonan nastar dengan menggunakan rolling pin dengan batasan tinggi menggunakan penggaris /majalah yang kita tarush di sisi kanan dan kiri adonan. kemudian kita cetak adonan yang telah digilas tersebut menggunakan cookie cutter bulat yang ukurannya sesuai dengan selera kita. Cara ini selain membuat hasil nastar kita seragam juga mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita membuat nastar.
Kenapa kita memoles permukaan nastar setelah nastar kita oven selama 20 menit? tujuannya untuk menghindari permukaan nastar yang gosong dan pecah.
Untuk hasil polesan yang mengkilap dan cantik, kita bisa menambahkan 2 sdm madu ke dalam adonan olesan. Bila perlu, berikan polesan sebanyak 2x sehingga hasil polesannya lebih cantik.
Jangan memixer adonan terlalu lama, karena akan mengakibatkan nastar yang kita buat menjadi keras. sebenarnya bisa saja membuat kue kering tanpa mixer. Cukup menggunakan spatula kayu, pisau pastry, maupun ballon whisk.
Tunggu nastar sampai kering benar sebelum memasukkan nastar ke dalam toples/kemasan untuk menghindari nastar cepat melempem.
Karena isian nastar berupa selai, membuat nastar menjadi cepat berjamur. Oleh karena itu, pastikan selai yang digunakan benar-benar kering dan tidak mengandung air. Selain itu, buatlah nastar maksimal 2 bln sebelum dikonsumsi.

2. Kue Kering Coklat




Bahan-bahan
* 150 gr butter/mentega
* 75 gr tepung gula
* 1 sdt vanili bubuk
* 1 butir kuning telur
* 15 gr coklat bubuk
* 50 gr capucino
* 100 gr dark coklat, lelehkan.
* 25 gr maizena
* 200 gr tepung terigu protein sedang atau rendah

Toping
* ½ butir putih telur ukuran kecil
* 125 gr tepung gula
* 1 sdm air jeruk nipis
* 25 gr capucino
* 15 gr coklat bubuk + ½ sdt pasta coklat

Cara membuat Kue kering
* Kocok margarine,butter, tepung gula dan vanili sampai semua bahan tercampur rata.
* Masukkan telur aduk rata.
* Masukkan secara bertahap campuran tepung terigu,susu, coklat bubuk dan maizena ke dalam adonan, aduk dengan menggunakan sendok kayu, lakukan hingga tepung habis.
* Masukkan dark coklat yg telah dilelehkan , aduk rata
* Giling adonan setebal ½ cm, potong kotak kecil.
* Panggang dengan suhu 160 derajat hingga kue matang, dinginkan.

Cara membuat toping
* Campur putih telur dan gula halus secara bertahap hingga rata.
* Masukkan air jeruk nipis aduk rata.
* Bagi dua adonan, satu bagian campur dgn capucino instan, satu bagian campur dengan coklat bubuk + pasta coklat.

Penyelesaian
Masukkan bahan toping ke dalam plastik segitiga, potong kecil ujungnya. Hias dengan toping putih bagian pinggir mengikuti bentuk kue, penuhi bagian yg kosong dengan toping coklat, beri hiasan ikan kecil warna-warni dari bahan gula. Panggang kembali 5 menit dengan suhu rendah. Dinginkan.

3. Kue Kering Kacang

Bahan:

1 kg tepung terigu (kunci biru atau roda biru)
500 gr gula halus (menurutku dengan takaran segitu kurang manis, jadi bisa ditambah)
500 gr kacang tanah sangrai tumbuk
500 gr minyak goreng (yang berkualitas)
1 sdt vanili bubuk
kuning telur untuk olesan

Cara Membuat:

ayak gula halus dan terigu, masukkan vanili, kacang tumbuk, minyak goreng, aduk rata.
gilas adonan setebal kira-kira 5 mm (bisa lebih tapi jangan terlalu tipis), cetak sesuai selera, bisa berupa bulan sabit, bintang, hati atau yang lain.
taruh diloyang yang diolesi mentega, olesi bagian atas dengan kuning telur
panggang sampai matang 150 derajat celcius selama kira-kira 15-20 menit

Sewaktu masih panas, kue terasa agak lembek namun setelah dingin tidak lembek lagi. Jika ingin mencoba, buatlah setengah resep dahulu.

4. Kue Kering castangel atau kestengel

Bahan:

Margarine forvita 185 gram
Roombutter 15 gram
Tepung terigu protein rendah 250 – 300 gram, ayak
Kuning telur 3 butir
Keju tua (edam) 150 gram, parut
Keju cheddar 75 gram, parut
Kuning telur 2 butir, kocok, untuk olesan

Cara membuat Kue Kastengel :
1. Kocok margarine forvita dan roombutter hingga lembut.
2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
3. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata.
4. Masukkan keju tua (edam), aduk kembali hingga rata.
5. Masukkan adonan dalam plastic segitiga, potong ujungnya dengan diameter 1 cm.
6. Semprotkan adonan memanjang, potong adonan dengan panjang 3 cm, rapikan. Letakkan adonan di atas loyang bersemir margarine forvita. Oles permukaan adonan dengan kuning telur dan tavuri keju cheddar.
7. Panggang adonan dalam oven bersuhu 160°C hingga matang selama ±20 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.
8. Sajikan.

5. Kue Salju



Bahan Kue Putri Salju :

*) 175 gram margarin

*) 3 kuning telur

*) 100 gram keju edam parut

*) 1/4 sendok teh garam

*) 175 gram tepung terigu, ayak

*) 30 gram tepung maizena

*) 350 gram gula bubuk




Lalu untuk proses pemembuatan Kue Putri Salju ini bisa anda simak diabwah:

Cara Membuat Kue Putri Salju




Siapkan loyang pipih, olesi dengan margarin, sisihkan

Kocok margarin hingga mengembang, masukkan telur dan terus kocok hingga mengembang

Masukkan tepung terigu, maizena, aduk rata, tambahkan keju edam dan garam, aduk rata hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk

Ambil satu sendok teh adonan. bentuk bola, taruh di atas loyang, beri jarak

Panggang dalam oven dengan temperatur 160 derajat celcius selama 15 menit hingga matang

Dinginkan, taburi dan lumuri dengan gula bubuk, hingga seluruh bagian kue tertutup gula, simpan dalam stoples kedap udara.


Semoga Bermanfaat :)

sumber : http://www.tempatonlineku.com/2012/06/resep-buat-aneka-kue-kering-enak-dan.html

Cara Bikin Email di Gmail

Cara Bikin Email di Gmail


Baik, perkenalkan dulu saya admin RB (gausah lah kelamaen hehe). Oke para pemula internet, sebelum buat email, alangkah baiknya jika kita mengetahu apa sih email itu? Email adalah electronic mail, atau bahasa indonesianya surat elektronik, atau bahasa jowone layang elektronik. Jadi lebih mudah daipahaminya seperti ini.. Anda pasti tahu kotak pos, yang biasanya nongkrong di depan rumah, yang kerjaannye nungguin pak pengantar surat masukin kiriman surat lubang di mulutnya. Nah bedanya, email ini ada di internet. Jadi orang kalo mau ngirim surat gak perlu pake jasa pak pengantar surat, cukup ngirim lewat email. Apakah fungsi email hanya untuk menerima dan mengirim surat? tidak toh.. Tentu banyak sekali fungsi email. Dengan email kita bisa Membuat facebook (jejaring sosial paling populer di Indonesia itu loh), membuat twitter, bahkan bisa bisnis internet (nanti gan kalo udah buat blog/website sendiri saya kasih caranya. Bisa dapat uang kan buat bantu ortu biaya kuliah)Oke saya kira sobat punya gambaran sedikit gak usah dijelasin panjang lebar entar juga ngerti ngerti sendiri :D

Nah kali ini kita akan membuat email di GMAIL. Gmail adalah salah satu fasilitas google yang menyediakan jasa pembuatan email gratis. Kenapa kita harus membuatnya di gmail? Karena gmail adalah produk google langsung. Dan dengan memiliki email di gmail kita nanti akan bisa membuat blog. Cara membuat blog akan dijelaskan di postingan selanjutnya (nanti yaa kalo udah mahir internet dikit hehe). Oke mari kita buat email.

1. Buka browser kamu (mozilla firefox, Internet exploler, google chrome atau apalah yang kamu punya)
2. Masuk ke alamat sini >> http://gmail.com
3. Lalu klik Create an Account di pojok kanan atas

4. Setelah itu sobat, diwajibkan mengisi formulir sperti gambar di bawah : nama, alamat email (ini nanti digunakan untuk log in atau masuk ke email gan), sandi (ini hanya sobat yang boleh tahu orang lain tidak boleh tahu, dan jangan sampai lupa ya gan), konfirmasi sandi (itu sobat masukin lagi sandi yang dibuat tadi agar tidak ada kesalahan), tanggal lahir, jenis kelamin (kalo laki ya Male, perempuan female), no ponsel, alamat email anda saat ini (gak usah di isi gak papa gan kalo agan belum punya email sebelumnya), lalu sobat disuruh memasukan verivikasi kata (gmail cuma ingin memastikan agan bukan robot gan), lalu centang saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google. setelah selesai klik langkah berikutnya.

5. Nah pada langkah ini agan bisa nambahin foto sobat kalo punya, tapi nanti aja sob, sebaiknya klik langkah berikutnya
6. Klik lanjut ke gmail, untuk langsung ngeliat emailnya sob

7. Nah udah selesai gan mbuat emailnya.



8. Nanti kalo mau masuk email tinggal ulangi cara 1, lalu masukkan alamat email dan kata sandi.

Sobat bisa Belajar Cara membuat facebook pada posting berikutnya.

Friday, June 28, 2013

7 Makanan Paling Unik di Dunia

7 Makanan Paling Unik di Dunia

Assalamualaikum untuk yang muslims.. Pagi yang cerah mari kita simak pengetahuan terbaru dari RB yaitu makanan terunik di dunia. Apa sajakah? mari kita simak..


  1. Balut adalah hidangan dr telur bebek atau ayam yg hampir menjadi embrio, kemudian di rebus dan di makan
    BALUT sangat populer di filipina, kamboja dan vietnam
  2. Sannakji adalah hidangan korea yg berasal dari gurita hidup, yg langsung di iris dan di bumbui dengan minyak wijen. Tentakelnya masih akan menggeliat-menggeliat ketika hidangan ini di sajikan (hiii..)
  3. Casu Marzu adalah berasal di kota sardinia di italia, Casu marzu adalah hidangan berupa keju yg terbuat dr larva serangga, larva ini sengaja di tambahkan ke dalam keju untuk meningkatkan fermentasi 
  4. Fugu adalah ikan puffer (ikan yg bs menggembung), ikan yg penuh dengan racun mematikan. Hanya koki yg terlatih dan telah menjalani 2-3 tahun pelatihan serta lulus tes resmi, yg dapat mempersiapkan ikan beracun ini menjadi hidangan nikmat.
  5. Hakarl adalah makanan dr daging ikan hiu yg di fermentasi selama 3-4 bulan (apa gak basi ya ? ), Hakarl adalah makanan yg berbau ammonia (berbau sengit dang sangat menusuk hidung)
  6. Rocky Mountain Oysters adalah makanan yg terbuat dr testis banteng atau babi hutan, makanan ini juga di sebut Prairie Tiram, sangat terkenal dan banyak di nikmati di beberapa negara bagian tertentu di Amerika serikat dan Kanada.
  7. Entomophagy adalah makanan yg berbagai macam serangga seperti : jangkrik, kalajengking, laba-laba, cacing dan sebagainya. Makanan ini banyak ditemui di Bangkok, Thailand. Pada umumnya serangga memang mengandung protein dan vitamin yg tinggi
sumber : http://ayrin.pun.bz/7-makanan-terunik-di-dunia-versi-ayrins.xhtml

Wednesday, June 26, 2013

Perbedaan Visi, Misi, Tujuan

Definisi Visi, Misi, Tujuan







Alhamdulillah, akhirnya RB sempat lagi memposting sebuah artikel dalam label "perbedaan antara". Sebelumnya kalo tidak salah RB posting tentang perbedaan Yahudi dan Nasrani. Sekarang RB akan posting perbedaan antara misi, visi dan tujuan.

Pasti sering kita di sekolah sekolah atau institut pendidikan, terpasang di gedung merek.. visi 1,2,3 misi 1,2,3 dll. Nah mari RB jelaskan apa sih perbedaannya?

Menurut Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) yang saya punya.. Misi adalah Tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme,dsb.Visi adalah kemampuan melihat pada inti persoalan;pandangan luass;wawasan. Tujuan adalah arah;haluan;maksud.

Lalu apa perbedaannya? RB pun melakukan WASING (wawancara singkat) dengan seorang dosen bahasa Indonesia. Katanya Misi adalah Tugas,Tujuan adalah akhir yang hendak dicapai,Visi adalah Cita cita yang hendak dicapai. Lalu perbedaan visi dan tujuan, visi lebih idealis (lebih rinci dan sempurna) daripada tujuan.

Demikianlah sobat, kiranya sobat pasti mempunyai gambaran sedikit. Terimakasih.

Monday, June 24, 2013

Cara Bikin Email di Gmail

Cara Membuat Email baru di Gmail






Baik, perkenalkan dulu saya admin RB (gausah lah kelamaen hehe). Oke para pemula internet, sebelum buat email, alangkah baiknya jika kita mengetahu apa sih email itu? Email adalah electronic mail, atau bahasa indonesianya surat elektronik, atau bahasa jowone layang elektronik. Jadi lebih mudah dipahaminya seperti ini.. Anda pasti tahu kotak pos, yang biasanya nongkrong di depan rumah, yang kerjaannye nungguin pak pengantar surat masukin kiriman surat lubang di mulutnya. Nah bedanya, email ini ada di internet. Jadi orang kalo mau ngirim surat gak perlu pake jasa pak pengantar surat, cukup ngirim lewat email. Apakah fungsi email hanya untuk menerima dan mengirim surat? tidak toh.. Tentu banyak sekali fungsi email. Dengan email kita bisa Membuat facebook (jejaring sosial paling populer di Indonesia itu loh), membuat twitter, bahkan bisa bisnis internet (nanti gan kalo udah buat blog/website sendiri saya kasih caranya. Bisa dapat uang kan buat bantu ortu biaya kuliah)Oke saya kira sobat punya gambaran sedikit gak usah dijelasin panjang lebar entar juga ngerti ngerti sendiri :D

Nah kali ini kita akan membuat email di GMAIL. Gmail adalah salah satu fasilitas google yang menyediakan jasa pembuatan email gratis. Kenapa kita harus membuatnya di gmail? Karena gmail adalah produk google langsung. Dan dengan memiliki email di gmail kita nanti akan bisa membuat blog. Cara membuat blog akan dijelaskan di postingan selanjutnya (nanti yaa kalo udah mahir internet dikit hehe). Oke mari kita buat email.

1. Buka browser kamu (mozilla firefox, Internet exploler, google chrome atau apalah yang kamu punya)
2. Masuk ke alamat sini >> http://gmail.com
3. Lalu klik Create an Account di pojok kanan atas

4. Setelah itu sobat, diwajibkan mengisi formulir sperti gambar di bawah : nama, alamat email (ini nanti digunakan untuk log in atau masuk ke email gan), sandi (ini hanya sobat yang boleh tahu orang lain tidak boleh tahu, dan jangan sampai lupa ya gan), konfirmasi sandi (itu sobat masukin lagi sandi yang dibuat tadi agar tidak ada kesalahan), tanggal lahir, jenis kelamin (kalo laki ya Male, perempuan female), no ponsel, alamat email anda saat ini (gak usah di isi gak papa gan kalo agan belum punya email sebelumnya), lalu sobat disuruh memasukan verivikasi kata (gmail cuma ingin memastikan agan bukan robot gan), lalu centang saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google. setelah selesai klik langkah berikutnya.

5. Nah pada langkah ini agan bisa nambahin foto sobat kalo punya, tapi nanti aja sob, sebaiknya klik langkah berikutnya
6. Klik lanjut ke gmail, untuk langsung ngeliat emailnya sob

7. Nah udah selesai gan mbuat emailnya.



8. Nanti kalo mau masuk email tinggal ulangi cara 1, lalu masukkan alamat email dan kata sandi.

Sobat bisa Belajar Cara membuat facebook pada posting berikutnya.

Sunday, June 23, 2013

Apakah Feed itu?

Apakah Feed url itu?



Seringkali dalam belajar SEO , sering kita menemukan kata kata seperti feed, url, dan feedburner. Awalnya kita bingung, Apakah URL feed itu?

Feed adalah sebuah mekanisme untuk mempublikasikan konten situs Anda sehingga pesan baru secara otomatis dapat dijemput oleh program perangkat lunak. Banyak orang menggunakan "pembaca feed" perangkat lunak untuk mengumpulkan posting terbaru dari beberapa situs bahwa mereka menikmati membaca sehingga mereka dapat membaca semuanya dalam satu tempat dan tidak pernah melewatkan update, tanpa perlu memeriksa setiap situs setiap hari atau setiap jam. Ada feed pembaca yang dapat diinstal pada komputer lokal Anda (banyak program email termasuk fitur membaca feed), serta pada layanan online seperti Google Reader. Seperti pembaca feed, software Technorati menggunakan feed Anda untuk membaca blog Anda.

Ikon stndard untuk feed terlihat seperti ini: RSS Feed Icon

Kebanyakan layanan blogging platform & menciptakan feed untuk Anda secara otomatis. Anda bahkan mungkin memiliki feed dan tidak tahu itu, namun browser Anda dapat memberitahu Anda. Pergi ke halaman utama situs Anda sebagai pengguna akan melihatnya (bukan sebagai administrator) dan memeriksa berikut:

jika menggunakan Internet Explorer, mencari jeruk RSS ikon pada toolbar Anda, di bawah URL bar. Klik untuk melihat daftar off feed yang tersedia dari halaman Anda
Jika menggunakan Firefox, Safari, atau browser lain, ikon RSS kemungkinan akan muncul di URL bar, mungkin menjadi warna yang berbeda. Anda dapat klik di atasnya untuk daftar feed yang tersedia.

Pilih salah satu dari feed untuk membukanya di browser Anda. Anda kemudian dapat menyalin URL untuk digunakan saat mengklaim blog Anda. (Catatan:. Banyak layanan menawarkan feed komentar, kita tidak ingin yang satu)

Ada dua jenis utama feed: Atom dan RSS. Kami lebih Atom, tetapi dapat menggunakan salah satu. Wikipedia, antara tempat-tempat lain, memiliki penjelasan yang lebih mendalam tentang feed.

Kebanyakan layanan hosting blog membuat feed otomatis terdeteksi dan bahkan menawarkan cara untuk menentukan URL feed (s). Jika Anda mengelola pengaturan situs Anda sendiri, Anda dapat mengaktifkan auto-discovery feed Anda (s) untuk situs Anda dengan menambahkan baris seperti ini ke bagian kode HTML Anda:

<Tautan rel = "alternatif" type = "application / rss + xml"
title = "{masukkan judul feed Anda atau halaman di sini}"
href = "{masukkan URL untuk feed Anda di sini}" />

Ini juga merupakan ide yang baik untuk memiliki feed Anda merujuk kembali ke halaman utama Anda. Feed Anda harus memberitahu apa halaman itu milik - utama di mana seseorang bisa masuk browser untuk melihat isi yang tercantum dalam feed. Seperti siapanya setiap item feed memiliki permalink ke halaman untuk item tertentu, tetapi feed sendiri juga harus link ke halaman utama Anda. Dengan begitu kita tahu itu feed Anda, dan bukan orang lain.

Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada format umpan Anda. Dalam RSS, ada unsur <link> dalam elemen <channel> tapi tidak di dalam elemen apapun <item>, seperti:

<link> {masukkan URL untuk halaman utama Anda di sini} </ link>

Untuk feed ATOM, menggunakan link yang sama dengan link auto-penemuan pada halaman utama. Ini berlaku pada tingkat atas dari halaman ATOM:

<Tautan rel = "alternatif" type = "text / html"
href = "{masukkan URL untuk halaman utama Anda di sini}" /> 

Kumpulan Cara Kerja Lengkap

Kumpulan Cara Kerja Lengkap







Alhamdulillah akhirnya RB, sempet lagi poting tentang cara kerja mesin, cara kerja benda, dan lain lain. Ini berhubungan dengan pengetahuan loh sob.. selamat belajar!


  1. Cara Bikin Email di GMAIL
  2. Cara Bikin Kue Kering
  3. Cara Kerja Mesin Diesel
  4. Cara Kerja WIFI

Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel


Pernahkah anda mendengar mesin diesel? pasti. Tahukah cara kerjanya?? mari rb jelaskan.. 




Prinsip Kerja Mesin Diesel


Mesin/motor diesel (diesel engine) merupakan salah satu bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping motor bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Dilain pihak motor
bensin disebut motor penyalaan busi (spark ignition engine) karena penyalaan bahan bakar diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi. Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Pada motor bensin campuran bahan bakar dan udara melelui karburator dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala listrik dari busi. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan sampai mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa saat sebelum torak mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk proses pembakaran. Agar bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ºC. Meskipun untuk motor diesel tidak diperlukan sistem pengapian seperti halnya pada motor bensin, namun dalam motor diesel diperlukan sistem injeksi bahan bakar yang berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta perlengkapan bantu lain. Bahan bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat dapat terbakar sendiri (self ignition). Penampang mesin diesel secara sederhana dapat dilihat pada Gambar.
Keuntungan dan Kerugian mesin diesel
Motor diesel juga mempunyai keuntungan dibanding motor bensin, yaitu:
a) Pemakaian bahan bakar lebih hemat, karena efisiensi panas lebih baik, biaya operasi lebih hemat karena solar lebih murah.
b) Daya tahan lebih lama dan gangguan lebih sedikit, karena tidak menggunakan sistem pengapian
c) Jenis bahan bakar yang digunakan lebih banyak
d) Operasi lebih mudah dan cocok untuk kendaraan besar, karena variasi momen yang terjadi pada perubahan tingkat kecepatan lebih kecil.
Di samping itu motor diesel memiliki kerugian, yaitu:
a) Suara dan getaran yang timbul lebih besar (hampir 2 kali) daripada motor bensin. Hal ini disebabkan tekanan yang sangat tinggi (hampir 60 kg/cm2) pada saat pembakaran
b) Bobot per satuan daya dan biaya produksi lebih besar, karena bahan dan konstruksi lebih rumit untuk rasio kompresi yang tinggi
c) Pembuatan pompa injeksi lebih teliti sehingga perawatan lebih sulit
d) Memerlukan kapasitas baterai dan motor starter yang besar agar dapat memutar poros engkol dengan kompresi yang tinggi.
Secara singkat prinsip kerja motor diesel 4 tak adalah sebagai berikut:
a) Langkah isap, yaitu waktu torak bergerak dari TMA ke TMB. Udara diisap melalui katup isap sedangkan katup buang tertutup.
b) Langkah kompresi, yaitu ketika torak bergerak dari TMB ke TMA dengan memampatkan udara yang diisap, karena kedua katup isap dan katup buang tertutup, sehingga tekanan dan suhu udara dalam silinder tersebut akan naik.
c) Langkah usaha, ketika katup isap dan katup buang masih tertutup, partikel bahan bakar yang disemprotkan oleh pengabut bercampur dengan udara bertekanan dan suhu tinggi, sehingga terjadilah pembakaran. Pada langkah ini torak mulai bergerak dari TMA ke TMB karena pembakaran berlangsung bertahap,
d) Langkah buang, ketika torak bergerak terus dari TMA ke TMB dengan katup isap tertutup dan katup buang terbuka, sehingga gas bekas pembakaran terdorong keluar.



Proses pembakaran mesin diesel

Proses pembakaran dibagi menjadi 4 periode:
a) Periode 1: Waktu pembakaran tertunda (ignition delay) (A-B)
Pada periode ini disebut fase persiapan pembakaran, karena partikel-partikel bahan bakar yang diinjeksikan bercampur dengan udara di dalam silinder agar mudah terbakar.
b) Periode 2: Perambatan api (B-C)
Pada periode 2 ini campuran bahan bakar dan udara tersebut akan terbakar di beberapa tempat. Nyala api akan merambat dengan kecepatan tinggi sehingga seolah-olah campuran terbakar sekaligus, sehingga menyebabkan tekanan dalam silinder naik. Periode ini sering disebut periode ini sering disebut pembakaran letup.
c) Periode 3: Pembakaran langsung (C-D)
Akibat nyala api dalam silinder, maka bahan bakar yang diinjeksikan langsung terbakar. Pembakaran langsung ini dapat dikontrol dari jumlah bahan bakar yang diinjeksikan, sehingga periode ini sering disebut periode pembakaran dikontrol.
d) Periode 4: Pembakaran lanjut (D-E)
Injeksi berakhir di titik D, tetapi bahan bakar belum terbakar semua. Jadi walaupun injeksi telah berakhir, pembakaran masih tetap berlangsung. Bila pembakaran lanjut terlalu lama, temperatur gas buang akan tinggi menyebabkan efisiensi panas turun.

sumber : http://knowledgemention.blogspot.com/2012/09/cara-kerja-mesin-diesel.html

Cara Kerja Wifi

Cara Kerja Wifi


Tahukah agan cara kerja wifi, yang selama ini kita manfaatkan dengan nama "Hotspot" di sekolah atau di restoran?? Mari yuk rb jelaskan!


Untuk menghubungkan sebuah computer yang satu dengan yang lain, maka diperlukan adanya Jaringan Wireless. Menurut sebuah buku yang bersangkutan, supaya komputer-komputer yang berada dalam wilayah Jaringan Wireless bisa sukses dalam mengirim dan menerima data, dari dan ke sesamanya, maka ada tiga komponen dibutuhkan, yaitu:


Sinyal Radio (Radio Signal).
Format Data (Data Format).
Struktur Jaringan atau Network (Network Structure).Masing-masing dari ketiga komponen ini berdiri sendiri-sendiri dalam cara kerja dan fungsinya. Kita mengenal adanya 7 Model Lapisan OSI (Open System Connection), yaitu:

  1. Physical Layer (Lapisan Fisik)
  2. Data-Link Layer (Lapisan Keterkaitan Data)
  3. Network Layer (Lapisan Jaringan)
  4. Transport Layer (Lapisan Transport)
  5. Session Layer (Lapisan Sesi)
  6. Presentation Layer (Lapisan Presentasi)
  7. Application Layer (Lapisan Aplikasi)Masing-masing dari ketiga komponen yang telah disebutkan di atas berada dalam lapisan yang berbeda-beda. Mereka bekerja dan mengontrol lapisan yang berbeda. Sebagai contoh:

Sinyal Radio (komponen pertama), bekerja pada physical layer, atau lapisan fisik. Lalu Format Data atau Data Format mengendalikan beberapa lapisan diatasnya. Dan struktur jaringan berfungsi sebagai alat untuk mengirim dan menerima sinyal radio.
Lebih jelasnya, cara kerja wireless LAN dapat diumpakan seperti cara kerja modem dalam mengirim dan menerima data, ke dan dari internet. Saat akan mengirim data, peralatan-peralatan Wireless tadi akan berfungsi sebagai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio. Lalu saat menerima, peralatan tadi berfungsi sebagai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa dimengerti dan diproses oleh komputer.

Bagaimana sinyal radio dapat diubah menjadi data digital?
Prinsip dasar yang digunakan pada teknologi wireless ini sebenarnya diambil dari persamaan yang dibuat oleh James Clerk Maxwell di tahun 1964.


Dalam persamaan itu, dengan gamblang dan jelas Maxwell mendapatkan bahwa setiap perubahan yang terjadi dalam medan magnet itu akan menciptakan medan-medan listrik. Dan sebaliknya, setiap perubahan yang terjadi dalam medan-medan listrik itu akan menciptaken medan-medan magnet.


Lebih lanjut Maxwell menjelaskan, saat arus listrik (AC atau alternating current) bergerak melalui kabel atau sarana fisik (konduktor) lainnya, maka, beberapa bagian dari energinya akan terlepas ke ruang bebas di sekitarnya, lalu membentuk medan magnet atau alternating magnetic field.


Kemudian, medan magnet yang tercipta dari energy yang terlepas itu akan menciptakan medan listrik di ruang bebas, yang kemudian akan menciptakan medan magnet lagi, lalu medan listrik lagi, medan magnet lagi, dan seterusnya, hingga arus listrik yang asli atau yang pertama terhenti (terputus, red).


Bentuk energy yang tercipta dari perubahan-perubahan ini, disebut dengan radiasi elektromagnetik (electromagnetic radiation), atau biasa kita kenal sebagai gelombang radio. Itu artinya, radio dapat di definisikan sebagai radiasi dari energi elektromagnetik yang terlepas ke udara (ruang bebas).


Alat yang menghasilkan gelombang radio itu biasa dinamakan TRANSMITTER. Lalu alat yang digunakan untuk mendeteksi dan menangkap gelombang radio yang ada udara itu, biasa dinamakan RECEIVER.


Agar kedua alat ini (transmitter dan receiver) lebih fokus saat mengirim, membuat pola gelombang, mengarahkan, meningkatkan, dan menangkap sinyal radio, ke dan dari udara, maka dibantulah dengan alat lain, yaitu ANTENA.


Berkat persamaan dari Maxwell, transmitter, receiver, serta antena, yang kemudian disatukan dalam semua peralatan wireless LAN itulah, maka komputer bisa berkomunikasi, mengirim dan menerima data melalui gelombang radio, atau biasa disebut dengan wireless netwok.


Begitu banyak stasiun Radio dengan frequency yang berbeda-beda agar tidak saling bertabrakan, gelombang radio yang akan dikirimkan ke udara itu bisa diatur frequencynya. Yaitu dengan cara mengatur atau memodifikasi arus listrik yang berada pada peralatan pengirim dan penerima tadi (transmitter, receiver).


Dan jarak yang menjadi pemisah antar frequency dinamakan SPECTRUM. Lalu, bagian terkecil dari spectrum disebut dengan BAND. Dan untuk mengukur jumlah perulangan dari satu gelombang ke gelombang yang terjadi dalam hitungan detik, digunakanlah satuan HERTZ (Hz).


Hertz, diambil dari nama orang yang pertama kali melakukan percobaan mengirim dan menangkap gelombang radio, yaitu HEINRICH HERTZ. Satu hertz dihitung sebagai jarak antara satu gelombang ke gelombang berikutnya. Dan sinyal radio itu umumnya berada pada frequency ribuan, jutaan, atau milyaran hertz (KHz, MHz, GHz). Dengan mengatur frequency itulah maka sinyal radio bisa tidak saling bertabrakan.

sumber : http://cara-kerja-wifi.blogspot.com/

Friday, June 21, 2013

8 Fenomena Alam terindah

8 Fenomena Alam terindah

Dunia ini memang penuh dengan berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu mempesona. Tak heran jika banyak sekali fenomena di bumi ini yang bisa mempesona manusia.


1. Supercells

Supercell pada dasarnya adalah kumpulan tornado yang lebih dari sekedar sel badai biasa dan begitu menyeramkan. Benda ini cenderung berputar dengan sangat cepat dan sangat besar. Untungnya fenomena alam mengerikan ini sangat langka dan cenderung hanya bisa ditemukan di kawasan Amerika Serikat saat musim semi.



2. Sun Dogs

Ini adalah bentuk fenomena alam lainnya yang berhubungan dengan kristal es di atmosfer. Sama seperti 'pelangi yang terbakar', fenomena halo matahari ini tampak seperti ada dua titik terang menyerupai matahari di langit sehingga tampak ada 3 matahari di langit.



3. Pusaran Air Langit

Waterspouts adalah sebuah fenomena alam yang bisa disebut tornado atau pusaran air yang membumbung tinggi sampai ke langit. Badai ini terbentuk di atas air dan sangat berbahaya karena bisa mencapai kecepatan 305 km/jam. Bisa kamu bayangkan cepatnya? Pusaran air ini dianggap sebagai salah satu penyebab banyaknya kapal atau pesawat tenggelam di Segitiga Bermuda dengan 400-500 pusaran/tahun.


4. Columnar Basalt

Columnar Basalt pada dasarnya adalah formasi semacam bebatuan dengan bentuk persegi sempurna yang ada di pinggiran lautan. Tidak ada yang tahu bagaimana basalt ini bisa terbentuk. Menjadi salah satu hal misterius


5. Brinicles

Ketika permukaan laut membeku seperti di Kutub Utara dan Selatan, maka akan ada air asin dan air tawar yang berkumpul di bawah lapisan es. Sudah pasti lapisan garam akan lebih padat daripada air laut sehingga membuatnya cenderung tenggelam ke dasar. Lantaran sangat dingin, kumpulan air garam itu membeku dan hal itu disebut dengan nama stalaktit es atau memiliki julukan keren brinicles


6. Pelangi Terbakar

Kumpulan pelangi penuh warna di langit ini bisa kamu lihat selama musim panas di sebagian besar Amerika Serikat. Sebetulnya, apa yang terlihat adalah pembiasan cahaya langsung di awan dan tak ada hubungan dengan pelangi yang terbakar. Hanya motifnya yang mengkristal membuat tampilannya seakan terbakar dan sangat memukau.


7. Bunga Es

Sederhananya bunga es adalah bunga yang terbuat dari es. Benda itu terbentuk dari penumpukan partikel es di sekitar pangkal tanaman tertentu atau pepohonan. Ketika suhu di luar tanaman membeku dan di dalamnya tidak, maka akan terjadi proses pembekuan. Hasilnya? Sebuah ciptaan cantik yang begitu mempesona.



8. Penitentes

Ini adalah formasi lapisan es yang juga keren dan biasanya terdapat di kawasan pegunungan. Bidang-bidang es yang runcing ini memiliki julukan penitentes dan bisa mencapai ketinggian 4 meter. Bisa kamu temukan di kawasan pegunungan Andes seperti jarum-jarum es di hamparan pegunungan.


13 Pulau Teraneh di Dunia

13 Pulau Teraneh di Dunia


Inilah 13 Pulau Dengan Bentuk Yang Aneh di Planet Bumi :


Pulau Denmark digambarkan di sini adalah Æbelø di laut Kattegat, lepas pantai utara Funen (pulau terbesar ketiga Denmark). Dengan bentuk segitiga dan panjang 'ekor', pulau ini benar-benar terlihat seperti ikan pari. Dan awan yang di atas pulau tak mau ketinggalan, berusaha untuk meniru bentuk pulau itu!


Kayak bumerang gan. .tepat di tengah Laut Cina Selatan! Jika Anda ingin menemukannya, Anda memiliki kesempatan baik untuk melakukannya dalam penerbangan dari Manila ke Kuala Lumpur - sekitar 45 menit setelah lepas landas. Atol merupakan bagian dari Kepulauan Spratly - sebuah kepulauan yang terdiri dari 750 pulau dan terumbu karang. dan bentuk bentuk mereka bergantung pada musim dan aliran arus, Anda mungkin akan menemukan bentuk yang berbeda pada musim yang berbeda.


Seperti yang dapat dilihat dari Foto yang diambil oleh Moderate-resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) satelit Terra NASA pada tahun 2002, pulau terbesar di Kepulauan Galapagos, Pulau Isabela, tampak seperti kuda laut. Pulau ini juga sangat tua, terbentuk oleh letusan gunung berapi yang terjadi jutaan tahun lalu. Jika Anda melihat dekat, Anda akan melihat tiga kawah dari gunung berapi yang menciptakan pulau itu.


Kayak lumba-lumba gan padahal ini terumbu karang pulau yang terletak di lepas pantai utara Pulau Flores, Indonesia. Tampak seolah-olah bentuk pulau terinspirasi oleh lumba-lumba yang mungkin telah berenang di sekitarnya. Cukup menakjubkan!


Dijelaskan oleh NASA sebagai "sparkl [ing] seperti permata hijau melawan biru safir perairan Samudera Hindia dan Flores, Banda, Sawu, dan Laut Timor," Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia ini tetap indah meskipun dilihat dari jarak yang sangat jauh, seperti ruang angkasa. Tapi, di tengah-tengah mereka, ada satu karakter benar-benar aneh. Dapatkah Anda melihat kepala yang besar, mata serta mulut yang terbuka dari figur kartun ini?


Kayak paru-paru lengkap dengan trakea dan bronkus (yang adalah jalan) ! Pulau kecil ini memiliki vegetasi yang subur, menjadikan pulau itu benar benar sebagai 'paru-paru hijau'. Inikah yang menarik minat pemilik untuk membangun villa mewah dengan kolam renang dan lapangan tenis dia pulau di Florida Keys ini? Tentu saja tidak!


Kayak mata manusia gan, lengkap dengan retina dan iris, dapat ditemukan di Maladewa. Atau, jika ditambahkan dengan motif laut, mungkin seperti ubur-ubur raksasa. Sebenarnya, tentu saja, ini adalah terumbu karang atau, menurut sang fotografer, ini adalah kelahiran sebuah pulau.


Pulau di Kepulauan Scilly, lepas pantai Cornwall ini mungkin mirip dengan sebuah pohon, dengan batang, cabang, daun, dan bahkan tanah dan akar pada dasarnya


'Lover Island' terletak dilepas pantai Kroasia, adalah salah satu dari beberapa bentuk jantung alami di Bumi. Sebenarnya pulau ini disebut Galešnjak, yang adalah sebuah pulau milik pribadi yang terletak di Laut Adriatik, dekat dengan kota Turanj. Penuh tanaman liar dan pohon, pulau yang "tertidur" ini menjadi perhatian dunia karena bentuknya yang tidak biasa, pada Februari 2009, ketika gambar pulau ini dipublikasikan oleh Google Earth.



Pulau Manukan, Mamutik dan Sulug di Malaysia yang anggun secara bersama sama membentuk smiley, yang tersenyum menyambut pengunjung yang cukup beruntung untuk melihat mereka dari udara.


Yang ini kayak sebuah sel sperma raksasa berenang kesepian di laut yang biru .Foto Pulau ini diambil saat penerbangan antara Eropa dan Jepang. Dan sang fotografer tidak mengetahui pulau apa ini.



Foto ini menunjukkan Huvahendhoo Island, salah satu dari banyak pulau di Maladewa. Mirip dengan topeng karnaval Venesia, dengan ornamen mata yang berbeda. Maladewa, seperti indonesia, adalah sebuah harta karun nyata ketika kita ingin mencari pulau-pulau dari segala bentuk dan ukuran. Ada total 1.190 pulau karang dikelompokkan dalam rantai ganda dari 26 atol, yang berarti ada banyak pilihan. Maladewa adalah negara kepulauan yang tersebar di sekitar 90.000 km persegi - membuatnya menjadi salah satu negara yang paling tersebar didunia.


Pulau berbentuk wortel ini juga salah satu pulau di Maladewa, yang seakan akan menunggu kelinci raksasa untuk memakannya.