Thursday, June 13, 2013

6 Pemain basket terbaik dunia

6 Pemain basket terbaik dunia



1.Kareem Abdul-Jabbar (lahir Ferdinand Lewis Alcindor, Jr. pada 16 April 1947 di New York City, New York) adalah seorang mantan pemain bola basket dari Amerika Serikat. Ia bermain untuk tim UCLA, kemudian secara profesional untuk Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers. Rekor pencetak angka tertinggi sepanjang masa dengan 38.387 saat ini masih dipegang olehnya. Setelah pensiun bermain ia juga menjadi bintang film, di antaranya dalam film Game of Death bersama Bruce LeeAirplane!. dan film komedi




2.Charles Wade Barkley (lahir 20 Februari 1963, di Leeds, Alabama) adalah power forward bola basket Amerika Serikat terdahulu di National Basketball Association. Sekarang berkediaman di Scottsdale, Arizona, Barkley berjuluk Sir Charles dan kadang-kadang The Round Mound of Rebound.
Barkley mengukir namanya di Most Valuable Player pada NBA musim 1993. Tahun 1996, perayaan NBA ke-50, namanya masuk dalam 50 pemain terbesar dalam sejarah NBA. Barkley memenangkan medali emas Olimpiade bersama U.S. Dream Team pada permainan tahun 1992 dan 1996.
Namanya dimasukkan dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 2006. Ia bertinggi badan 198 cm. Barkley diingat sebagai yang terbaik untuk kegigihan dan keuletannya dalam rebounds, Walaupun ia kurang tinggi dalam posisi sebenarnya sebagai power forward. Dalam penjumlahan untuk menjadi salah satu rebounders terbaik sepanjang masa, ia telah banyak memperoleh angka dan menyempurnakan permainan timnya. Setelah karir permainannya, Barkley telah menikmati sukses terbesarnya sebagai komentator olahraga, memimpin seseorang untuk mempercayai warisannya di bola basket akan menyerupai bintang American football John Madden.



3.Kobe Bryant (lahir 23 Agustus 1978) adalah seorang pemain NBA dan bermain untuk klub Los Angeles Lakers. Dia memakai kostum bernomor punggung 24(di musim ini) dan bermain dalam posisi shooting guard. Kobe pertama kali bermain di NBA pada kompetisi tahun 1996-1997 dan telah membawa Los Angeles Lakers beberapa kali juara saat bersama dengan pemain berbakat lainnya seperti Shaquille O`Neil . Salah satu prestasinya adalah mencetak 81 angka saat melawan Toronto pada tanggal 22 Januari 2006, yang merupakan jumlah angka kedua terbanyak dalam sejarah NBA yang dicetak dalam satu game.Di musim ini dia mencetak 50 poin ke atas dalam 4 pertandingan berturut-turut.Ia memiliki rekor sepanjang karirnya yatu membuat poin di atas 50 sebanyak 21 kali.Tetapi rekor itu belum cukup,karena pemain legenda Wilt Chamberlain,dan Michael Jordan lebih banyak mencetk poin di atas 50.Chamberlain dengan 108 kai,dan jordan 31 kali.Tapi,dalam sejarah NBA ia pernah mencetak 81 poin dalam 1 game di mana itu adalah rekor terbayak kedua setelah Wilt Chamberlain yang bisa mencetak 100 poin dalam 1 game.



4.Wilton Norman Chamberlain, lebih dikenal sebagai Wilt Chamberlain (21 Agustus 1936 – 12 Oktober 1999), adalah seorang pemain bola basket NBA. Pada 1962, Chamberlain mencetak 100 poin; kini masih yang tertinggi dalam sebuah permainan. Sepuluh tahun kemudian, ia mencetak angka ke-30.000 sepanjang kariernya. Ia pernah bermain dalam klub Philadelphia 76ers dan Los Angeles Lakers.



5.Michael Jeffrey Jordan (lahir 17 Februari 1963 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat ) adalah pemain bola basket profesional asal Amerika . Ia merupakan pemain terkenal di dunia dalam cabang olahraga itu. Setidaknya, enam kali merebut kejuaraan NBA bersama kelompok Chicago Bulls (1991-1993, 1996-1998). Ia memiliki tinggi badan 198 cm dan merebut gelar pemain terbaik. Ia mulai berkarier di NBA pada 1984 dan bergabung dengan klub Chicago Bulls hingga 1998. Selama kariernya, ia telah mengoleksi enam gelar juara dan lima kali ditunjuk sebagai MVP reguler. Pemilik nama terkenal Air Jordan ini pensiun dari dunia basket pada 2003 setelah dua tahun bergabung dengan Washington Wizards. Setelah itu, ia menjadi pengusaha. Selain tercatat sebagai pemilik Bobcats, Jordan sibuk dengan bisnis properti.



6.Shaquille Rashaun O’Neal (lahir 6 Maret 1972), sering disingkat Shaq, adalah salah seorang pemain basket NBA yang paling dominan. O’Neal pertama bermain untuk Orlando Magic, lalu pindah ke Los Angeles Lakers, dan sekarang bermain untuk Miami Heat. Dengan tinggi 2,182 m, berat 155 kg, dan sepatu 22 (ukuran sepatu AS), Shaq terkenal dengan ukuran fisik tubuhnya. Shaq memiliki beberapa julukan seperti “the Diesel” “the Big Aristotle”, “M.D.E (Most Dominant Ever)”,”Superman”, dan yang terakhir setelah mendapat gelar doktoralnya, “Doctor Shaq”. Sejak bergabung di liga pada umur 20 tahun, karirnya telah berkembang menjadi salah satu perkembangan pemain yang paling mengesankan di sejarah NBA dan meletakkan standar tersendiri bagi definisi pemain tengah (center) dalam bola basket.

sumber : http://gnay28.wordpress.com/2012/12/30/6-pemain-basket-terbaik-sepanjang-masa/

1 comments:

  1. bermanfaat sekali gan ^_^
    ane cuman lewat dan ga sengaja liat artikel agan
    hehehehe
    blogwalking gan ^_^

    ReplyDelete