Monday, June 24, 2013

Cara Bikin Email di Gmail

Cara Membuat Email baru di Gmail






Baik, perkenalkan dulu saya admin RB (gausah lah kelamaen hehe). Oke para pemula internet, sebelum buat email, alangkah baiknya jika kita mengetahu apa sih email itu? Email adalah electronic mail, atau bahasa indonesianya surat elektronik, atau bahasa jowone layang elektronik. Jadi lebih mudah dipahaminya seperti ini.. Anda pasti tahu kotak pos, yang biasanya nongkrong di depan rumah, yang kerjaannye nungguin pak pengantar surat masukin kiriman surat lubang di mulutnya. Nah bedanya, email ini ada di internet. Jadi orang kalo mau ngirim surat gak perlu pake jasa pak pengantar surat, cukup ngirim lewat email. Apakah fungsi email hanya untuk menerima dan mengirim surat? tidak toh.. Tentu banyak sekali fungsi email. Dengan email kita bisa Membuat facebook (jejaring sosial paling populer di Indonesia itu loh), membuat twitter, bahkan bisa bisnis internet (nanti gan kalo udah buat blog/website sendiri saya kasih caranya. Bisa dapat uang kan buat bantu ortu biaya kuliah)Oke saya kira sobat punya gambaran sedikit gak usah dijelasin panjang lebar entar juga ngerti ngerti sendiri :D

Nah kali ini kita akan membuat email di GMAIL. Gmail adalah salah satu fasilitas google yang menyediakan jasa pembuatan email gratis. Kenapa kita harus membuatnya di gmail? Karena gmail adalah produk google langsung. Dan dengan memiliki email di gmail kita nanti akan bisa membuat blog. Cara membuat blog akan dijelaskan di postingan selanjutnya (nanti yaa kalo udah mahir internet dikit hehe). Oke mari kita buat email.

1. Buka browser kamu (mozilla firefox, Internet exploler, google chrome atau apalah yang kamu punya)
2. Masuk ke alamat sini >> http://gmail.com
3. Lalu klik Create an Account di pojok kanan atas

4. Setelah itu sobat, diwajibkan mengisi formulir sperti gambar di bawah : nama, alamat email (ini nanti digunakan untuk log in atau masuk ke email gan), sandi (ini hanya sobat yang boleh tahu orang lain tidak boleh tahu, dan jangan sampai lupa ya gan), konfirmasi sandi (itu sobat masukin lagi sandi yang dibuat tadi agar tidak ada kesalahan), tanggal lahir, jenis kelamin (kalo laki ya Male, perempuan female), no ponsel, alamat email anda saat ini (gak usah di isi gak papa gan kalo agan belum punya email sebelumnya), lalu sobat disuruh memasukan verivikasi kata (gmail cuma ingin memastikan agan bukan robot gan), lalu centang saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google. setelah selesai klik langkah berikutnya.

5. Nah pada langkah ini agan bisa nambahin foto sobat kalo punya, tapi nanti aja sob, sebaiknya klik langkah berikutnya
6. Klik lanjut ke gmail, untuk langsung ngeliat emailnya sob

7. Nah udah selesai gan mbuat emailnya.



8. Nanti kalo mau masuk email tinggal ulangi cara 1, lalu masukkan alamat email dan kata sandi.

Sobat bisa Belajar Cara membuat facebook pada posting berikutnya.

0 comments:

Post a Comment