Saturday, May 25, 2013

Cerita Hantu

Cerita Hantu



Maaf saya memberi judul cerita hantu, tapi saya tidak memberi cerita hantu. Alhamdulillah, karena tujuan saya ingin menyampaikan sesuatu. Mengenai tentang hantu hantu yang selama ini kita takuti, tapi kita sampai melupakan jatidiri kita sebagai seorang muslim. Silahkan baca saja.



Sudah dari zaman dulu orang diperlihatkan penampakan penampakan. Namun coba anda amati, bila di benua eropa dan amerika hantunya ya kira kira pake jas atau baju baju orang barat. Bila di China ya hantunya pake baju orang china, bila di Indonesia ya hantunya seperti pocong, wewe gombel. Lantas pertanyaannya baagaimana pandangan islam terhandap keberadaan hantu dan roh gentayangan? Mari kita simak beberapa ayat Al-quran dan hadits di bawah ini.

"dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari (golongan) jin dan manusia. (QS annas : 4-6)

Jin itu ada tiga macam. sesuai sabda rasulullah, “jin ada tiga macam. pertama, jin yang mempunyai sayap, mereka bisa terbang di udara. kedua, jin berupa ular-ular dan kalajengking. dan ketiga, jin yang bertempat tinggal dan pindah-pindah serta berpetualang.” (HR Thabrani dan Hakim)

dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Siapa yang melihatku dalam tidurnya, berarti dia sungguh telah melihatku. Karena sesungguhnya syaithan tidak dapat menyerupaiku. Dan mimpi seorang mukmin adalah satu bagian dari 46 bagian Nubuwwah (kenabian)." (HR Bukhari).

Dari ketiga dalil di atas dapat kita ketahui, bahwa syetan itu ada yang dari golongan manusia dan jin. Dan iblis, dapat menyerupai siapapun juga kecuali Rasulullah.

Lantas apakah iblis tidak dapat menyerupai pocong,kuntilanak dll? untuk melemahkan iman manusia? Tentu mereka bisa atas izin Allah! Mengapa hanya dengan menyamar menjadi sesuatu yang terlihat menakutkan, mereka dapat melemahkan iman manusia? Karena dengan dengan begitu mereka akan merusak akidah islam kita. Sesuatu yang sebenarnya tidak benar diperlihatkan benar oleh syetan.Manusia akan lupa pada Allah, Tuhan yang seharusnya kita takuti akan kekuasaannya dan kita abdikan diri ini padaNya. Memang syetan bisa memperdaya manusia dengan hal semacam itu. Namun syetan tidak bisa memperdaya kita orang beriman.


“Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut (syetan), sebab itu perangilah kawan-kawan syaitan itu, karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah.” (QS. An Nisa: 76)

Begitu pula pada arwah gentayangan. Bila ada orang yang sudah meninggal lalu kita melihatnya. Maka pastilah itu juga iblis yang menyamar, dan ingin merusak akidah kita. Para iblis membuat tipu daya bahwa orang meninggal bisa jalan jalan gentayangan kesana kemari, yang pada hakikatnya tidak benar!



Wallahu a’lam

1 comments: