Thursday, January 24, 2013

Cara mengatasi fobia sosial

Cara mengatasi fobia sosial





Bismillah..

Ini merupakan suatu topik yang jarang orang tahu benar benar tentang fobia sosial. Banyak juga orang yang tidak pernah mengalami fobia sosial, Namun menulis tentang fobia sosial hanya berdasar kajian pustaka. 

Kebetulan, saya sendiri admin RYe blog yang akan menulis mengenai social phobia dan cara mengatasinya, karena kebetulan saya sendiri pernah mengalaminya, dan saya menulis sendiri siapa tahu bisa membantu orang orang yang saat ini sedang mengalaminya. Mari Simak baik baik.

Fobia sosial adalah suatu trauma dan ketakutan bertemu orang lain karena takut diketahui kejadian/hal memalukan dari dirinya. Orang yang sedang mengalami fobia sosial hampir seluruhnya menghindar dari orang lain, lebih memilih untuk menyendiri. 

Misalnya saja, seseorang yang ketakutan wajah cemburu bila pasangannya sedang disanjung sanjung bersama orang lain. Ia akan berusaha memasang wajah tidak cemburu. Tapi hasilnya ? tingkahnya jadi terlihat aneh karena dibuat buat, dan justru orang lain akan semakin tahu kekurangan dirinya itu.

Namun contoh di atas masih merupakan tingkat fobia sosial yang rendah. Saya sendiri contohnya (jadi curhat nii) Telah mengalami banyak sosial fobia, misalnya saja : Trauma pandangan dingin dari orang lain, trauma bermuka sombong, dan lain lain.

Lalu cara mengatasinya  :

1. Bersabar dan Bertawakallah pada Allah SWT, kembalilah pada ajaran islam. Pelajarilah islam secara mendalam jangan hanya setengah setengah

2.  Mulai sekarang janganlah melakukan tindakan yang dibuat buat. Semakin kita berusaha melakukan sesuatu yang dibuat buat, semakin ketahuan lah kekurangan kita. 

3. Mulai sekarang Pasang lah tindakan yang apa adanya,pasanglah tindakan yang sesuai emosi sesaat, Namun ingat, tindakan anda haruslah dilandasi dengan iman dan islam. janganlah takut dibenci

Simpel kan tips di atas. Teruslah berusaha dalam hidupmu! 
 

0 comments:

Post a Comment