Saturday, December 8, 2012

Biografi Thomas Jefferson

Biografi Thomas Jefferson









Thomas Jefferson lahir di Shadwell di Albemarle County, Virginia pada 13 April 1743, putra pemilik perkebunan kaya.Thomas Jefferson adalah Presiden ketiga Amerika Serikat. Ia juga terkenal karena menjadi penulis utama dari Deklarasi Kemerdekaan dan pendiri Partai Republik. Jefferson, pendahulu dari Partai Demokrat hari ini. Thomas Jefferson memiliki cita-cita Pencerahan seperti demokrasi, hak-hak negara, pemerintah Federal terbatas, dan pemisahan gereja dan negara.

Thomas Jefferson mewarisi harta ayahnya pada saat meninggal dunia pada tahun 1757 dan membangun rumahnya, Monticello. Thomas Jefferson menerima pendidikan yang sangat baik di sekolah lokal, mempelajari bahasa Latin, Yunani, Perancis, sejarah, dan ilmu pengetahuan. Pada usia 16 tahun, ia menghadiri College of William and Mary di Williamsburg, Virginia, lulus dengan penghargaan tertinggi setelah dua tahun sebelum melanjutkan ke sekolah hukum. Ia dibawa ke bar pada usia 24 tahun.
Thomas Jefferson menikah dengan Martha Wayles Skelton pada 1772, dan pasangan memiliki lima putri dan satu putra lahir mati. Martha meninggal pada 1782, dan Jefferson tidak pernah menikah lagi, meskipun bukti DNA baru-baru ini membuktikan bahwa dia adalah ayah dari setidaknya beberapa dari enam anak-anak dari budaknya, Sally Hemings.
Thomas Jefferson menjabat sebagai pengacara di Rumah Virginia Burgesses, badan legislatif kolonial, dan kemudian di Gedung Virginia. Dia menulis Deklarasi Kemerdekaan .
Thomas Jefferson sangat produktif dalam membuat banyak perbaikan sistem peradilan dan pendidikan di Virginia.
Thomas Jefferson adalah gubernur Virginia 1779-1781. Dia juga menjabat sebagai Sekretaris Negara untuk George Washington dan Wakil Presiden untuk John Adams. Thomas Jefferson terpilih menjadi presiden pada tahun 1800.

Sumber: http://id.shvoong.com/law-and-politics/politics/2105701-biografi-thomas-jefferson/#ixzz2EWdQsAli

0 comments:

Post a Comment