Friday, December 7, 2012

Biografi Adam Smith

Biografi Adam Smith




Adam Smith lahir pada juni tahun 1723, dia adalah putra seorang hakim pengacara Scotlandia dan juga seorang pengawas keuangan adat. Dia memperoleh pendidikan di Universitas of Glosgow dan Universitas of Oxford dan menjadi profesor petama di bidang Filsafat Moral di Glosgow. Setelah tiga belas tahun mengajar di bidang akademmik, dia melakukan perjalanan selama dua tahun di Perancis sebagai guru untuk Henry scott, anak angkatnya Charles Towsend yaitu seorang anggota parlemen di inggris yang terkenal, Smith memperoleh pensiun yang membuatnya bisa menghabiskan waktu untuk menulis. Pada tahun 1778, Smith menerima sebuah jabatan sebagai komisioner pabean, dimana pada tahun tersebut merupakan tahun peringatan serta tahun yang bermakna baginya dalam seumur hidupnya. Smith meninggal pada tahun 1790. Adam Smith adalah akademisi pertama yang menjadi seorang ahli ekonomi, karirnya tidak jauh berbeda dengan ahli-ahli ekonomi lainnya yang hidup pada masa 150 tahun terakhir. 
Pada zamannya, banyak ajaran-ajaran ekonomi yang melewati batas dengan pekerjaan sebagai guru di bidang akademik,termasuk juga Smith, sehingga Smith dan ahli ekonomi lainnya disebut sebagai seorang filsuf. Adam Smith, sebagai seorang pemikir memiliki kerangka berpikir yang sistematis dan tertarik pada perilaku manusia. Sebagai seorang filsuf moral Smith tertarik pada masalah-masalah ekonomi, terbukti pada catatan perkuliahannya antara tahun 1760-1764 tentang filsuf moral terdapat beberapa poin yang menyinggung masalah ekonomi.. Dalam pemikirannya Adam Smith banyak dipengaruhi oleh beberapa pemikir-pemikir besar sebelumnya. Seperti Francis Hutcheson, melandasi dasar kecintaan Smith pada natural order. Beberapa paham naturalist yang turut mengilhaminya antara lain, Stoicsisme Yunani, Stoicisme Romawi, Hobbes, Bacon dan Locke.

INDIVIDUALISME DAN KEBEBASAN
Adam Smith pertama kali menulis buku yang berjudul The Theory of Moral Sentiments pada tahun 1759. dalam bukunya ini Smith meyakinkan pembacanya bahwa setiap manusia sangat menyukai hidup sebagai warga masyarakat, dan tidak menyukai hidup yang individualistik dan mementingkan diri sendiri. Adam Smith memiliki pemikiran bahwa setiap orang secara natural akan saling menghargai (rasional) sehingga dia menganggap manusia adalah makhluk bebas yang dengan sendirinya tahu nilai-nilai kemasyarakatan. Pemikiran semacam ini sangat berbahaya karena pada kenyataannya manusia tidak seperti anggapan Adam Smith (rasional, ada beberapa manusia yang irasional). Tanpa adanya peraturan manusia akan saling makan dan menindas yang berlaku adalah hukum rimba. Smith yang menghargai sifat natural manusia dan kecewa pada dampak merkantilisme membenci campur tangan pemerintah tetapi tanpa ada campur tangan pemerintah, kehidupan dalam bernegara tidak akan dapat berjalan dengan sendirinya. 

MERKANTILISME
Merkantilisme yaitu ekonomi suatu bangsa akan berkembang dengan mengorbankan Negara lain atau penjajahan terhadap suatu bangsa. Tujuan merkantilisme adalah mengumpulkan emas dan perak secara agresif dan menghalalkan segala cara untuk melakukannya. Suatu Negara melakukan merkantilisme dengan cara mengirimkan utusan-utusan ke daerah yang jauh untuk mencari tambang emas dan perak dan logam dan sebagainya dengan sebanyak banyaknya, 
AWAL MUNCULNYA EKONOMI MODERN
Sebelum tahun 1776 pada saat itu tidak pernah muncul sebuah karya besar, dalam kehidupan manusia sehari hari hanya mencari nafkah. Selama berabad abad sejak zaman romawi sampai abad kegelapan dan renaisans, semua manusia berjuang untuk bertahan hidup dengan memeras keringat dan sering kali terpaksa pulang hanya membawa hasil yang hanya bisa bertahan untuk hidup sehaari saja. Manusia terus berjuang untuk mempertahankan hidup melawan kelaparan, penyakit, kemiskinan dan perang. Hanya sedikait yang merasakan hidup menyenangkan. Upah riil perkapita selalu sama dari tahun ke tahun, maka pada abad ke-18 ketika rata rata usia harapan hidup hanya 40 tahun, penulis inggris Thomas hobbes menyatakan bahwa kehidupan manusia itu adalah kehidupan “yang sepi, miskin, kacau, kejam dan singkat”.
Kemudian pada tahun 1776 (Tahun Prophetik), untuk pertama kalinya datang secerah harapan bagi orang orang kebanyakan. Saat itu dikenal sebagai periode pencerahan. Dan tahun ini adalah sejarah tahun pertama kalinya kaum buruh mencari standart minimum untuk makan, pakaian dan tempat tinggal. Thomas Jefferson, menyatakan bahwa “kehidupan, kebebasan, dan pencarian kebahagian” adalah hak-hak dasar dan menjadi kerangka hukum bagi bangsa yang kelak menjadi kekuatan ekonomi terbesar di muka bumi. Dan hak-hak itu menjadi landasan konstitusional dan kebebasan kelak akan ditiru oleh banyak negeri diseluruh dunia.

TERBITNYA SEBUAH BUKU YANG MONUMENTAL.
Dr. Adam smith, seorang professor pendiam dan linglung yang mengajar “filsafat moral” di Universitas Glasgow. The Wealth of Nations menjadi karya intelektual yang terkenal di seluruh dunia pengarangnya adalah Adam smith. Adam smith lahir di era pencerahan skotlandia, telah menulis formula universal untuk meraih kemandirian finansial, dan kemakmuran yang sepanjang abad sesudahnya akan merevolusionerkan cara pandang dan praktik warga dan pemimpin negara dalam bidang ekonomi dan perdagangan. Publikasi karya ini suatu dunia baru yaitu dunia yang penuh kemakmuran. Adam smith menjanjikan dunia baru bagi semua orang bukan hanya untuk orang kaya dan penguasa tetapi juga untuk rakyat kebanyakan. The Wealth of Nations adalah semacam deklarasi kebebasan ekonomi. Pada tahun 1776 di proklamasikan dua kebebasan yakni kebebasan politik dan kebebasan berusaha, dan keduanya berpadu untuk menggerakkan revolusi industri, maka ekonomi modern dimulai tidak lama sesudah tahun 1776, seperti pada gambar berikut :



KEMAJUAN EKONOMI
Pada awal tahun 1800-an sesudah publikasi The Wealth of Nations, dunia barat mulai berkembang pesat, seperti mesin pemintal, perkakas tenun, mesin uap semua itu beberapa penemuan penting yang menghemat waktu dan uang untuk para pengusaha dan warga Negara. Revolusi industri mulai berjalan, upah riil mulai naik dan standard hidup semua orang, baik kaya maupun miskin mulai meningkat terus menerus, saat ini di mulainya ekonomi modern dan orang-orang dari berbagai latar mulai muncul ke pentas sejarah. 
TERBENTUKNYA SUMBER KEMAKMURAN RIIL
The wealth of nations bukan hanya sekedar risalah tentang perdagangan bebas tetapi juga gagasan tentang kemakmuran. Sang professor skotlandia ini mengajukan argument yang kuat yakni produksi dan perdagangan adalah kunci untuk membuka “kemakmuran Negara” Dengan kata lain sumber kemakmuran bukan pengumpulan emas dan perak dengan mengorbankan Negara lain, Adam smith mengatakan “kemakmuran sebuah bangsa bukan hanya berasal dari emas dan peraknya, tetapi juga dari tanahnya gedung gedungnya dan segala macam barang barang yang dapat dikonsumsi. Kemakmuran harus diukur berdasarkan seberapa baik rumah, baju dan makanan yang dimiliki oleh penduduk. Kemakmuran sebuah Negara terjadi jika semua kebutuhan dan fasilitas untuk hidup tersedia dengan harga murah.

SMITH MENEMUKAN KUNCI PEMBUKA KEMAKMURAN
Disepanjang The Wealth of Nations Smith mendukung kebebasan alamiah, kebebasan orang untuk melakukan apa yang di inginkannya tanpa campur tangan Negara. Ini berarti kebebasan aliran perpindahan tenaga kerja, modal, uang dan barang. Smith mengatakan kebebasan ekonomi bukan hanya akan menghasilkan kehidupan material yang lebih baik tetapi juga merupakan hak asasi manusia. Menurut Smith melarang banyak orang melakukan apa-apa yang biasa mereka lakukan dalam bidang produksi,atau melarang orang-orang menggunakan modal dan industri dengan cara yang mereka nilai paling menguntungkan bagi mereka sendiri adalah sebuah pelanggaran nyata terhadap hak asai manusia yang paling luhur.

PENERIMAAN KARYA KLASIK SMITH DISELURUH DUNIA
Dukungan smith terhadap kebebasan alamiah menimbulkan pemikiran baru dikalangan generasi yang kemudian. Kata-katanya mengubah arah politik. Membebaskan belenggu manusia. Sebagian besar negeri diseluruh dunia yang mulai bergerak menuju perdagangan bebas bisa dikatakan dipengaruhi oleh karya Adam smith. The wealth of nations adalah dokumen ideal untuk melengkapi revolusi industri dan hak-hak politik manusia.

SMITH MENGIDENTIFIKASI TIGA UNSUR
Smith memulai buku besarnya dengan sebuah diskusi tentang bagaimana kekayaan da kemakmuran diciptakan melalui Kapitalisme pasar bebas. Smith menggaris bawahi tiga karakteristik dari system klasik ini yaitu :
1.      Kebebasan (freedom) : hak untuk memproduksi dan menukar (memperdagangkan) produk, tenaga kerja, dan capital.
2.      Kepentingan diri (self-interest) : hak seseorang untuk melakukan usaha sendiri da membantu kepentingan diri orang lain.
3.      Persaingan (competitions) :  hak untuk bersaing dalam produk dan perdagangan barang dan jasa.


MANFAAT KAPITALISME

Adam smith mengatakan bahwa kaya maupun miskin akan mendapat keuntungan dari system ekonomi liberal. Kekayaan universal akan sampai ke rakyat di lapisan paling bawah sekalipun. Setandard hidup meningkat secara substansial untuk semua golongan, termasuk golongan miskin di abad 20. Kapitalisme adalah mengubah barang mewah menjadi kebutuhan melalui persaingan para pengusaha, buruh dan kapitalis, akhirnya semua konsumen Amerika mampu mengubah dunia yang tak pasti dan kadang kejam menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk bekerja dan menetap.

0 comments:

Post a Comment